Bisa Dilakukan Sendiri Berikut Cara Merawat AC Mobil yang Mudah

Bisa Dilakukan Sendiri Berikut Cara Merawat AC Mobil yang Mudah

AC mobil adalah salah satu komponen yang sangat sering digunakan saat berkendara, terutama saat cuaca panas. Supaya AC bisa tetap bekerja dengan baik, tentu saja komponen ini perlu dilakukan perawatan rutin. Berikut adalah cara merawat AC mobil yang cukup sederhana dan dilakukan sendiri.

AC (Air conditioner) berfungsi untuk melakukan controlling kelembaban suhu udara dan pendinginan ruangan pada mobil. Perawatan AC mobil bisa dilakukan salah satunya dengan menjaga kebersihan kabin mobil itu sendiri. Kebersihan interior bisa mempengaruhi komponen AC, seperti filter dan evaporator.

Filter AC berperan menyaring kotoran dan debu supaya tidak masuk ke evaporator. Kotoran yang menumpuk akan menimbulkan penyumbatan, sehingga filter perlu dibersihkan secara rutin. Sedangkan evaporator berfungsi mengeluarkan udara dingin ke dalam kabin mobil. Evaporator yang tersumbat tidak akan mampu menyejukkan kabin mobil secara maksimal.

Selain udara menjadi kurang dingin, menumpuknya kotoran pada AC mobil juga bisa merusak komponen di dalamnya. Oleh karena itu, kabin mobil perlu dibersihkan secara rutin, apalagi kalau mobil sering digunakan untuk beraktivitas. Kabin mobil yang bersih juga lebih menyehatkan bagi penumpangnya.

Perlu diketahui, AC merupakan salah satu penyebab utama pemborosan bahan bakar, misalnya menyalakan AC pada level tertinggi walaupun cuaca tidak begitu panas. Semakin tinggi level AC, tentu saja konsumsi bahan bakar juga meningkat. Oleh karena itu sebaiknya hanya menggunakan AC sesuai dengan kebutuhan saja. Selain itu, gunakan AC pada level rendah ketika menemui jalan yang menanjak. Itulah cara sederhana untuk merawat AC mobil yang bisa dilakukan sendiri.

Bagi Anda yang berdomisili di Malang, Anda dapat melakukan perawatan di Dealer Honda Sukun Malang yang berada di Jl. S. Supriadi No.19-22, Sukun, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Resmi Honda Brio Terbaru Rilis, Apa Bedanya dengan Versi Sebelumnya?

Resmi Honda Brio Terbaru Rilis, Apa Bedanya dengan Versi Sebelumnya?

PT Honda Propect Motor (HPM) resmi meluncurkan mobil anyarnya yakni Honda Brio Facelift di One Satrio Mega, Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat, 5 Mei 2023. Honda Brio terbaru ini diklaim Honda sebagai generasi ketiga mobil compactnya, setelah pertma kalinya pada 2012 diluncurkan. Ini dia beberapa pembaharuan yang disematkan Honda

Interior

Ada beberapa pembeda yang ditampilkan dibandingkan model sebelumnya. Pada bagian interior misalnya, di bagian type Satya, New Honda Brio mendapatkan jok didominasi dengan warna abu-abu yang terlihat lebih casual. Sedangkan di tipe RS, New Honda Brio mendapatkan pola jok terbaru dengan jaitan yang lebih sporty. Bagian instrumen kluster mobil juga diubah dengan tampilan analog yang dipadukan dengan layar digital berukuran 7 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay atau Android Auto serta perubahan dashboard yang memberikan kesan mahal.

Eksterior

Pada bagian lampu juga terlihat desain yang lebih segar berkat penggunaan LED dan juga DRL yang lebih sporty. Selain itu, grille juga dibuat lebih besar dengan aksen krom di bagian tengah dan telah dilengkapi dengan tambahan lampu kabut (fog light) dengan desain terbaru.

Mesin

Sisi dapur pacu Honda Brio terbaru menggunakan mesin berkode i-VTEC dengan kapasitas 1.2 liter. Mesin tersebut diklaim bisa menghasilkan tenaga hingga 90 PS dengan torsi maksimum 110 Nm. Mesin tersebut sudah lulus uji emisi Euro 4. Seluruh tenaga mesin disalurkan melalui transmisi CVT dengan teknologi Earth Dream Technology.

Adapun tambahan fitur lainnya yakni One push ignition system ini bisa menyalakan mobil cukup menggunakan satu tombol saja. Selain itu, New Honda Brio juga mendapatkan fitur Smart Entry System. Pada peluncurannya, Honda menawarkan 2 varian warna yaitu Phoenix Orange Pearl dan Stellar Diamond Pearl untuk tipe RS.

New Honda Brio dijual mulai dari 165 juta rupiah. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki Honda Brio Terbaru ini? Anda bisa langsung menuju dealer Honda Sukun Malang untuk memiliki mobil Honda impian Anda sekarang.

Penerus Honda Brio Bakal Rilis Akhir Pekan Ini?

Penerus Honda Brio Bakal Rilis Akhir Pekan Ini?

PT Honda Prospect Motor (HPM) dipastikan akan merilis mobil terbarunya pada akhir pekan nanti. Santer digosipkan model terbaru yang bakal dirilis adalah penerus Honda Brio. Meskipun belum ada informasi resmi dari pihak Honda mengenai Hal tersebut. Pengenalan varian baru ini menjadi yang kedua kalinya pada tahun 2023 setelah sebelumnya PT. HPM telah memperkenalkan All New Honda Civic Type R pada 30 Maret lalu.

Brio sendiri belum mendapatkan pembaharuan setidaknya dalam 5 tahun terakhir. Kabarnya mobil ini akan mendapat pembaruan minor pada semua varian, baik RS maupun segmen Low Cost Green Car (LCGC) seperti tipe E maupun S.

Bakal ada penambahan fitur baru diperkirakan meliputi desain grille dan velg baru, start-stop engine. Penyegaran tersebut digadang-gadang membuat harga jual Honda Brio mendekati Rp 200 juta. Sementara untuk body secara keseluruhan kemungkinan besar tidak mengalami perubahan.

Selain irit, perubahan minor pada Brio ini bakal memberikan tampilan yang lebih menarik. Dengan penyematan teknologi start-stop engine, city car dan LCGC ini akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Sangat menarik untuk ditunggu bukan kedatangan sang penerus Honda Brio ini. Apalagi Honda Brio merupakan varian mobil  paling laris di Indonesia besutan Honda.

Bagi Anda yang berdomisili di Malang, Anda bisa menuju dealer Honda Sukun Malang yang berada di Jl. S. Supriadi No.19-22, Sukun, Kec. Sukun, Kota Malang untuk membeli unit Honda atau service dan perawatan mobil Honda

Tips Menghadapi Genangan Air Tinggi Saat Berkendara

Tips Menghadapi Genangan Air Tinggi Saat Berkendara

Menghadapi genangan air tinggi saat berkendara di musim hujan memang dapat menjadi pengalaman yang menegangkan. Tetapi genangan air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusahkan pada mesin dan tentu mengganggu kenyamanan berkendara, masalah ini dapat berdampak pada keselamatan pengemudi dan penumpang. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips ketika melintasi genangan air yang tinggi.

Kurangi Kecepatan Mobil

Mengurangi kecepatan mobil merupakan cara yang paling mudah untuk menghadapi genangan air tinggi saat berkendara di musim hujan. Hal ini sangat penting karena semakin cepat mobil Anda bergerak, semakin tinggi pula risiko air masuk ke dalam kendaraan.

Dalam situasi seperti ini, disarankan untuk mengurangi kecepatan dan berkendara dengan kecepatan rendah. Hal ini tidak hanya membantu Anda melihat genangan air dengan lebih baik, tetapi juga meminimalisasi risiko air masuk ke dalam kendaraan. Selain itu, mengurangi kecepatan juga dapat membantu mempertahankan kendali atas kendaraan Anda dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Jaga Jarak Aman dan Ikuti Kendaraan Di depan 

Setelah mengurangi kecepatan kendaraan, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempertahankan jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Hal ini sangat penting karena kendaraan di depan Anda dapat menyebabkan gelombang air yang kemudian membuat genangan air jadi semakin tinggi. Menjaga jarak juga bermanfaat apabila kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak.

Jarak aman yang diperlukan tergantung pada kecepatan kendaraan dan kondisi jalan. Pada umumnya, jarak aman sekitar 3-4 detik di belakang kendaraan di depan Anda. Namun, jika Anda berkendara dengan kecepatan rendah, jarak aman dapat diperpendek hingga 1-2 detik. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan situasi di sekitar Anda dan menyesuaikan kecepatan dan jarak aman dengan kondisi jalan.

Hindari Menyalakan Mesin yang Mati

Saat mobil Anda terjebak di genangan air, ada kemungkinan mesin mobil Anda akan mati. Jangan panik, dan jangan menyalakannya kembali setelah mesin mati. Hal ini karena jika air masuk ke dalam mesin, kemungkinan besar mesin akan rusak bila dinyalakan kembali. Jika mesin tidak mau menyala kembali, jangan terus mencoba menyalakannya karena hal ini dapat memperburuk kerusakan mesin.

Hindari Genangan Air yang Terlalu Tinggi

Genangan air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan air masuk ke dalam kendaraan dan merusak mesin atau beberapa sistem dalam kendaraan, seperti sistem rem, sistem pendingin, dan sistem listrik. Genangan air yang tinggi juga bisa membuat mobil sulit dikendalikan, bahkan bisa menyebabkan ban kehilangan traksi, dan hal ini berpotensi menimbulkan kecelakaan. Sebaiknya Anda menghindari genangan air dengan ketinggian melebihi setengah ban mobil, entah itu menunggu airnya surut atau mencari rute alternatif.

Apabila Anda terpaksa harus melewatinya, usahakan mobil melaju dengan pelan dan kecepatan konstan. Pastikan juga untuk menjaga posisi setir supaya mobil tetap stabil. Walaupun demikian, cara paling aman untuk menghindari resiko kerusakan pada mobil adalah dengan menghindari genangan air yang tinggi.

Selain itu, Anda juga perlu rutin memeriksa kondisi mobil dan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Bagi Anda yang berdomisili di Malang, Anda bisa menuju dealer resmi Honda Sukun Malang untuk melakukan perawatan mobil atau mungkin membeli unit Honda. Hal ini dapat membantu Anda memastikan bahwa mobil Anda selalu dalam kondisi prima dan siap untuk digunakan. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda menghadapi genangan air tinggi dengan lebih mudah dan aman saat berkendara.

Wajib Periksa Kondisi Kendaraan Anda Pasca Mudik !

Wajib Periksa Kondisi Kendaraan Anda Pasca Mudik !

Lebaran 2023 baru saja usai. Sangatlah menyenangkan karena bisa berkumpul kembali dengan keluarga besar. Selain itu mudik lebaran juga menjadi kegiatan yang melelahkan. Pastikan kondisi Anda tetap sehat dan siap beraktivitas dengan normal. Tak hanya kondisi badan yang harus fit, kondisi kendaraan juga wajib dilakukan pemeriksaan agar tak meninggalkan bekas yang bisa saja mencelakai Anda sebagai pengendara di kemudian hari.

1. Larangan

Setelah melakukan perjalanan jauh, kondisi ban harus selalu diperiksa terlebih dahulu. Kondisi jarak tembak yang jauh serta beban yang berat menjadikan ban harus bekerja secara ekstra. Oleh karena itu, larangan gundul menjadi hal yang wajar. Beberapa bagian yang wajib dibawa adalah pada telapak ban, tekanan dan tingkat keausan ban. 

2. Pelumas

Oli mesin sebagai pelumas harus di cek. Tentunya jarak tempuh mudik yang jauh akan menguras oli yang ada. Maka harus dilakukan penggantian oli, ketika disinyalir oli telah habis. Ciri-ciri oli mesin yang sudah tidak baik diantaranya adalah warna yang berubah menjadi coklat susu. Kemudian oli pelumas lainnya yang harus diperiksa adalah oli rem. Pastikan minyak rem tidak ada perubahan warna dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpanan.

4. Radiator Udara

Pemeriksaan radiator udara terletak pada selang dan radiator rumah, apakah terjadi kebocoran atau tidak. Kemudian pastikan agar volumenya tetap dalam kondisi normal.

5. Indikator Panel & Komponen Lainnya

Terakhir adalah dengan memperhatikan panel indikator. Caranya mudah, cukup memutar kunci ke kontak di posisi On, kemudian perhatikan lampu indikator. Jika lampu Indikator menyala, kemudian diperiksa kembali dengan menyalakan mobil. Jika terdengan suara yang aneh dari mesin  mobil, maka harus segera dibawa ke bengkel.

Bagi Anda berdomisili di Malang, Anda dapat melakukan service untuk memeriksa kondisi kendaraan di Honda Sukun Malang yang berada di Jl. S. Supriadi No.19-22, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Dapatkan promo spesial lebaran untuk pembelian unit Honda atau service kendaraaan Honda.

Honda WR-V, Mobil 200 Jutaan Dengan Fitur Kelas Wahid

Honda WR-V, Mobil 200 Jutaan Dengan Fitur Kelas Wahid

Varian mobil baru di kelas SUV yang cukup terjangkau dan bisa jadi pertimbangan untuk mobil keluarga adalah Honda WR-V. Mobil 200 jutaan besutan Honda ini menggebrak deretan SUV kelas menengah yang diisi Hyundai Creta dan Toyota Raize.

Honda WR-V disematkan mesin 1.5L SOHC 4 Silinder konfigurasi in-line dan 16 katup i-VTEC + DBW (Drive By Wire). Kekuatan mesin dari Honda WR-V ini punya angka torsi 145 Nm. Honda WR-V memiliki fitur Remote Engine Start tercanggih yang memungkinkan mesin bisa dinyalakan dari jarak jauh. Selain itu, Honda WR-V memiliki fitur Walk-Away Auto Lock untuk mengunci pintu mobil secara otomatis.

Beberapa keunggulan Honda WR-V antara lain Desain yang sporty dan modern dengan tambahan spoiler membuat tampilan yang menarik dan elegan. Fitur keselamatan canggih yang meliputi sistem pengereman ABS, EBD, dual airbag, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), dan lain-lain. Kabin yang luas dan nyaman untuk pengemudi dan penumpang, serta dilengkapi dengan fitur-fitur kenyamanan seperti kursi dengan bahan berkualitas, layar sentuh, dan sistem audio yang memukau.

Mesin yang bertenaga dan efisien, serta dilengkapi dengan teknologi Earth Dreams Technology yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Fitur-fitur teknologi terbaru seperti sistem infotainment yang kompatibel dengan smartphone, kamera belakang, dan lain sebagainya.

Ada juga Honda Sensing sebagai teknologi keselamatan milik pabrikan untuk varian Honda WR-V tertinggi. Honda WR-V ini dirilis dengan 3 varian yakni tipe E, RS, dan RS CVT Honda Sensing yang dibekali transmisi otomatis dan manual.

Jika Anda ingin membeli mobil dengan budget yang pas-pasan, Honda WR-V sangat cocok menjadi pertimbangan untuk menemani keluarga Anda. Hanya dengan 200 jutaan, Anda sudah mendapatkan mobil dengan fitur-fitur kelas wahid yang siap memuaskan perjalanan. Anda bisa membeli unit Honda di Honda Sukun Malang yang berada di Jl. S. Supriadi No.19-22, Sukun, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.